NEWS
DETAILS
Sabtu, 30 Mar 2024 12:00 - Asosiasi Honda Jakarta

Pada sepeda motor, rem merupakan komponen keselamatan utama. Rem akan membantu  pengendara untuk menurunkan kecepatan atau berhenti untuk menghindari risiko kecelakaan.

Untuk itu, rem menjadi komponen yang harus dicek secara berkala. Tampilan yang terlihat baik-baik saja bukan pertanda komponen  tersebut berjalan seperti biasanya.

Jika rem terlanjur rusak atau tidak berfungsi, ada beberapa tahapan atau cara  untuk memperbaiki rem cakram motor yang blong. 

1. Perhatikan Minyak dan Kampas

Komponen utama di dalam rem umumnya berada di bagian dalam rem itu sendiri, seperti minyak dan kampas.

Berbagai faktor, salah satunya cara berkendara yang cepat, akan membuat rem sering digunakan dan cepat habis. Hal itu akan membuat fungsi rem menurun atau menjadi aus.

Kampas rem yang aus akan mengurangi gesekan untuk menurunkan kecepatan kendaraan.

Tanda dari menipisnya kampas adalah adanya bunyi gesekan nyaring antara piringan cakram dan dasar kampas yang juga terbuat dari besi.

Jika situasi ini terlanjur terjadi, sebaiknya kurangi kecepatan saat berkendara dan segera mengganti kampas rem ke bengkel.

2. Rem panas

Penyebab paling umum rem menjadi panas adalah karena terlalu lama berkendara , terutama saat  dalam perjalanan  jarak jauh.

Untuk mencegahnya,  pengendara dapat memperhatikan durasi waktu bermotor, agar bisa memberi waktu bagi rem kembali dingin dan bisa optimal digunakan lagi.

3. Minyak Rem habis

Minyak yang habis akan menyebabkan rem tidak bisa digunakan sama sekali meski kampas rem baru diganti.

Pastikan selalu memeriksanya berkala dan menggunakan minyak rem sesuai standar pabrikan.

Adapun penyebab minyak rem cepat habis bisa jadi karena adanya kebocoran selang dan sudah lama tidak diisi.

Cara memperbaiki rem cakram motor yang blong terbilang mudah.  Pengendara hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang ditetapkan.

Nah,, begini langkah mengganti rem cakram motor yang sudah rusak.

1. Buka kaliper rem

Siapkan kunci ukuran 8, 10, 12 mm atau yang sesuai dengan baut kaliper rem motor. Buka kaliper rem dan kelompokkan baut agar tidak tertukar dengan baut lainnya.

2. Lepaskan kampas rem

Umumnya terdapat dua baut yang menahan kampas rem di kaliper. Longgarkan baut tersebut. Setelahnya, Anda dapat melepaskan kampas rem dengan tangan.

3. Dorong piston kaliper ke luar

Sebelum memasang kampas rem baru, dorong terlebih dahulu piston kaliper ke belakang atau ke arah luar.

Hal ini akan menjauhkan piston saat Anda memasang kampas rem baru sehingga kampas tersebut rata dengan sisi kaliper.

4. Pasang kampas rem baru

Pastikan ukuran kampas rem baru sama dengan kampas sebelumnya.

Langkah selanjutnya, pasang kampas rem baru, sejajarkan lubang baut secara hati-hati dengan lubang kaliper. Lalu, kencangkan baut tersebut.

5. Pasang kembali kaliper rem

Pasang kembali kaliper setelah Anda merasa kampas rem terpasang dengan benar. Setelah itu, pasangkan baut agar kaliper menempel ke garpu depan motor dan cakramnya.

6. Cek rem

Sebelum mengendarai motor,  pastikan selalu cek rem dengan memompa tuas rem beberapa kali hingga kampas rem dapat menahan piringan cakram dengan sempurna.

Di tahap ini, Anda juga dapat mengisi ulang minyak rem. Buka wadah minyak rem yang ada di dekat tuas gas. Isikan minyak sekitar ¾ wadah. Setelah terisi, longgarkan baut selang minyak rem yang dekat dengan piringan cakram.

Selanjutnya, tekan tuas rem beberapa kali hingga tidak muncul gelembung udara dari wadah minyak. Terakhir, kencangkan baut selang minyak rem dan wadahnya.

Jangan panik jika pompa rem pertama akan menyentuh gas atau seperti tidak berfungsi sama sekali. Hal itu wajar karena minyak rem belum turun lagi ke kaliper. Pompa terus hingga pegangan rem terasa lebih keras.

Pengetesan kedua bisa Anda lakukan dengan memutar ban depan menggunakan tangan lalu menekan rem. Jika ban motor berhenti sempurna, Anda bisa mencoba mengendarai motor untuk jarak dekat terlebih dahulu.

Kampas rem membutuhkan waktu penyesuaian agar berfungsi dengan baik. Untuk 6 kilometer pertama, kampas rem mungkin akan keras dan motor akan terasa tertahan oleh rem. Namun, setelah itu kampas rem akan bekerja seperti biasa.

Cara memperbaiki rem cakram motor yang blong di atas bisa dilakukan dengan bimbingan mekanik untuk hasil yang lebih baik. Dan jika dianggap terlalu merepotkan, sebaiknya jadwalkan perawatan di bengkel AHASS. Lakukan pemeriksaan sekaligus perawatan motor berkala secara rutin di bengkel AHASS agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor  termasuk ban tetap bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK