NEWS
DETAILS
Selasa, 21 Nov 2023 12:00 - Asosiasi Honda Jakarta

Rem adalah sistem yang sangat vital pada kendaraan. Tanpa adanya rem laju kendaraan akan susah dikendalikan.  Dan jelas dapat membahayakan keselamatan si pengendara maupun orang lain. 

Prinsip kerja rem adalah dengan memanfaatkan gesekan yang terjadi antara 2 buah brake pad atau kampas rem dengan piringan cakram. Ketika pedal rem diinjak maka master silinder akan mengalirkan minyak rem untuk mendorong piston di kaliper. Piston ini akan menekan kampas rem agar menjepit piringan cakram sehingga laju kendaraan menjadi terhenti. 

Dalam penggunaanya, kondisi sistem rem tidak selamanya ideal, gesekan pada komponen sistem rem menyebabkan performa rem akan semakin menurun. Hal ini terjadi karena ketebalan kampas rem dan brake disc akan selalu berkurang seiring waktu pengoperasian. 

Untuk menjaga sistem rem pada kendaraan Anda agar tetap pada kondisi yang ideal, maka perawatan rem harus selalu rutin dilakukan.

Perawatan rem secara berkala perlu dilakukan untuk menjaga agar performa dari sistem pengereman kendaraan Anda tetap optimal. Salah satu perawatan yang berhubungan dengan sistem rem adalah pada komponen kampas rem. 

Kampas rem merupakan komponen yang memiliki tugas untuk menekan piringan cakram atau tromol untuk menghentikan laju kendaraan. Gesekan yang terjadi ini menyebabkan kampas rem semakin lama akan semakin menipis, sehingga perlu diganti. Apabila kampas rem yang sudah tipis tidak segera dilakukan penggantian maka pengereman akan menjadi tidak optimal.

Dalam memilih kampas rem, sebaiknya wajib harus berhati-hati. Banyak kampas rem yang beredar dipasaran menawarkan harga murah dibandingkan harga genuine part-nya. 

Ciri-ciri kampas rem palsu adalah memiliki harga yang cenderung lebih murah dan tekstur material dari kampas rem yang lebih keras. 

Nah,  inilah dampak  buruk menggunakan kampas rem palsu pada performa pengereman di kendaraan bermotor.

1. Cakram akan cepat aus

Karena memiliki struktur material yang lebih keras dibandingkan kampas rem original, maka kampas rem palsu dapat menyebabkan piringan cakram terkikis. Hal ini disebabkan karena gesekan yang terjadi antara kampas rem dengan cakram. Anda mungkin akan merasa kampas rem lebih awet tetapi Anda harus merelakan piringan cakram kendaraan yang aus.

2. Suara bising pada saat pengereman

Gesekan antara piringan cakram dengan kampas rem palsu yang memiliki jenis material tidak standar atau dianggap lebih keras menyebabkan bunyi abnormal pada saat pengereman. Hal ini mungkin akan mengganggu Anda ketika berkendara.

3. Rem kurang pakem

Kampas rem palsu mungkin akan akan lebih awet dibandingkan dengan kampas rem genuine atau originalnya. Namun, walaupun material kampas rem palsu lebih keras tetapi tingkat kepakeman kampas rem palsu tidak sebaik kampas rem original. Kampas rem ori yang cenderung lebih empuk bisa bekerja dengan optimal dengan memberikan daya cengkram ke cakram yang lebih baik pada saat pengereman berlangsung.

Jika sudah waktunya mengganti kampas rem, jangan ragu langsung saja kunjungi bengkel AHASS terdekat, sekaligus lakukan pemeriksaan dan perawatan motor berkala secara rutin di bengkel AHASS agar seluruh fitur dan komponen sepeda motor tetap bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK