NEWS
DETAILS
Sabtu, 26 Aug 2023 12:00 - Asosiasi Honda Jakarta

Saat harus melintasi rute dengan banyak turunan panjang, pengendara motor matic harus lebih waspada, karena rem motor matic biasanya rawan blong, terlebih  di turunan panjang.

Penyebabnya, motor matic hanya bergantung pada rem untuk menghentikan lajunya, tak ada engine brake yang seefektif motor bertransmisi manual.

Rem motor matic bisa blong karena rem yang ditekan terus menerus akan menimbulkan panas berlebih akibat gesekan antara cakram dan kampas rem. Akhirnya minyak rem pun mendidih dan menyebabkan angin palsu yang jadi penyebab rem blong.

Lantas, bagimana cara mengantisipasi rem motor matic jika  mendadak terjadi blong?

  1. Gunakalah rem secara bergantian antara rem depan dan belakang, tujuannya untuk mengurangi risiko rem blong bersamaan
  2. Jika salah satu rem terasa blong, sebaiknya segera menepi untuk mendinginkan piringan cakram dan kaliper, tunggu sampai rem normal Kembali
  3. Lakukan pendinginan piringan cakram, secara alami saja, alias mengandalkan udara sekitar.
  4. Jangan pernah menyiramkan air saat cakram dalam kondisi panas, karena akan membuat cakram malah  jadi bengkok.
  5. Engine brake di motor matic sangat kecil. Dan bekerja saat kecepatan tinggi ke rendah. Penggunaannya  jadi kurang efektif karena harus membuka hanya sedikit putaran gas.  Sebaiknya  tutup putaran gas, agar motor tidak malah tambah laju.
  6. Selalu ambil lajur kiri, agar mudah mencar jalur penyelamatan jika terjadi rem bolong.

Nah,  untuk menghindari  kemungknan   terjadinya  rem blong secara mendadak,  perhatikan selalu perawatan motor, terlebih pada bagian rem. Jika  mengalami  kendala terhadap motor yang dimiliki, bisa langsung kunjungibengkel AHASS terdekat, sekaligus  lakukan pemeriksaan dan perawatan motor berkala secara rutin di  bengkel AHASS agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor tetap bisa bekerja secara optimal.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK