NEWS
DETAILS
Sabtu, 19 Aug 2023 12:00 - Asosiasi Honda Jakarta

lampu sein berfungsi sebagai tanda Si pengendara akan berbelok ke kiri atau ke kanan Lampu sein ini termasuk ke dalam sistem penerangan lampu yang ada pada kendaraan.  Dan ini merupakan salah satu aspek keselamatan pada kendaraan. 

Lampu sein umumnya berwarna kuning dan menyala secara berkedip-kedip. Pada bagian depan dan belakang kendaraan akan menyala bersamaan dan sebaliknya, Jika kendaraan menyalakan lampu sein kiri maka lampu sein sebelah kiri. Berkedipnya lampu sein ini disebabkan oleh flasher. 

Fungsi flasher motor sangat penting dan bertujuan mencegah terjadinya kecelakaan di tikungan akibat missed communication.

Dan inilah fungsi lampu sein secara menyeluruh:

  • Sebagai indikator atau isyarat  bahwa kendaraan akan berbelok, baik ke kiri maupun ke kanan sehingga pengendara lain akan tahu  kondisi endaraannya di depan mereka. Ini juga  dapat mengurangi resiko terjadinya kecelakaan.
  • Sebagai isyarat kepada pengendara lain sehingga pengendara yang akan didahului dan pengendara lain yang ada di belakangnya tahu, bahwa kendaraan akan menyalip atau mendahului kendaraan di depannya.
  • Sebagai isyarat agar kendaraan yang berlawanan arah dengan kita keluar jalur kita, sebagai contohnya ketika kendaraan yang berlawanan arah menyalip kendaraan didepannya dan mengambil jalur kita sehingga kita kehabisan jalan, agar pengendara lawan arah tersebut tahu dan agar keluar jalur kita maka kita wajib memberikan tanda dengan menyalakan lampu sein sebelah kanan.
  • Memberi isyarat ketika kita akan berpindah jalur, sebagai contohnya bila pada jalan terdapat beberapa jalur misalnya 2 jalur, kita wajib menyalakan lampu sein sebagai tanda kita akan pindah jalur, ketika kita ingin berpindah jalur dari jalur pertama ke jalur kedua

Lantas apa saja yang terdapat pada komponen lampu sein :

  • Baterai, system kelistrikan  motor pada lampu sein bersumber dari baterai. Baterai berpungsi sebagai penyuplai arus yang paling utama untuk kelistrikan lampu sein.
  • Fuse/Sekring, dengan adanya fuse kita dapat meminimalisir terjadinya kerusakan pada sistem kelistrikan. Fuse berfungsi untuk menyearahkan arus dan sekaligus berfungsi untuk mencegah terjadinya kosleting.
  • Saklar kontak, adalah komponen untuk mengaktifkan sebuah sistem kelistrikan. Saklar pada lampu sein berfungsi untuk mengaktifkan lampu sein sebelah kiri atau kanan secara bergantian.
  • Flasher, adalah komponen untuk membuat efek kedipan pada lampu sein. Komponen inilah yang membuat lampu sein bisa berkedap-kedip.
  • Saklar sein.
  • lampu sein kiri dan kanan.

Setelah paham  fungsi  dan komponen dari  lampu sein, jangan lupa  untuk selalu perhatikan perawatan motor  dan melakukan pemeriksaan dan perawatan motor berkala secara rutin di bengkel AHASS terdekat, agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor tetap bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK