NEWS
DETAILS
Kamis, 11 May 2023 12:00 - Asosiasi Honda Jakarta

Lampu yang ada pada kendaraan, umumnya digunakan sebagai pencahayaan terlebih pada saat malam hari.  Berbeda dengan motor penggunaan lampu juga sudah diberlakukan pada siang hari. Hal ini dimaksudkan agar pada kondisi tertentu pengendara dapat mengetahui kendaraan lain di sekitarnya. 

Umumnya lampu motor terbagi menjadi dua fungsi yaitu lampu jauh (High Beam) dan lampu dekat (Low Beam). Penggunaan low beam atau lampu dekat umumnya dapat digunakan pada siang hari dan malam hari. 

Cirinya sinar lampu menyorot ke arah bawah bagian depan jalan. Semantara, high beam atau lampu jauh memiliki ciri sinar lampu yang menyorot ke arah tengah-depan jalan yang akan dilalui pengendara (sejajar posisi lampu), atau biasa kita menyebutnya lampu jauh. 

Fungsi utama dari lampu jauh adalah sebagai tanda bagi pengendara yang ada di depan. Misalnya saja ketika akan menyalip kendaraan lain. Maka bisa menyalakan lampu jauh dengan mengedipkannya beberapa kali. Nyala lampu yang sangat terang sehingga bisa dilihat saat siang hari.

Jadi, penggunaan lampu jauh (high beam) juga dapat digunakan sebagai kode saat kendaraan akan menyalip kendaraan lain. 

Penggunaan lampu jauh sebaiknya tidak digunakan jika berada di jalan-jalan yang padat lalu-lintasnya atau jika ada pengendara lain dari arah yang berlawanan. Karena hal itu dapat menyebabkan pengendara yang berada di depan merasa silau dan mengganggu. 

Oleh karena itu, untuk keselamatan kita bersama, gunakan lampu kendaraan sesuai dengan fungsinya. Usahakan selalu menggunakan lampu dekat, lampu jauh hanya dalam keadaan tertentu atau dalam keadaan di mana jalan bersifat satu arah (one way) dengan kondisi jalan yang sepi. 

Pastikan kondisi high beam di motor  Anda dalam posisi prima  ketika berjalan di malam hari. Untuk itu, pastikan untuk selalu melakukan pemeriksaan dan perawatan motor berkala secara rutin di bengkel AHASS terdekat, agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor tetap bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK