NEWS
DETAILS
Selasa, 03 Jan 2023 10:41 - Asosiasi Honda Jakarta

Salah satu fitur  modern yang  terhitung baru dan banyak diterapkan pada sepeda motor adalah Idling Stop System (ISS). Ini  merupakan salah satu fitur  teknologi modern yang tidak hanya digunakan Honda, tapi motor baru keluaran pabrik lain pun banyak yang menggunakan fitur tersebut, meski dengan sebutan berbeda.

Dengan fitur ISS, harga jual motor yang ditawarkan menjadi lebih mahal. Pasalnya, teknologi ini digadang-gadang sebagai fitur modern yang lebih ramah lingkungan. Bahkan, fitur ini juga telah diadopsi ke mobil. 

Tapi apa sesungguhnya ISS?

ISS adalah sebuah nama  untuk fitur yang bisa membuat mesin sepeda motor berhenti bekerja secara otomatis atau dengan sendirinya, ketika sedang tidak dibutuhkan, seperti ketika di lampu merah, di tengah  kemacetan dan sejenisnya. 

Dengan  kondisi ini, bahan bakar tidak akan terbuang sia-sia,  dan tentu bisa jadi lebih hemat sekaligus dan dapat mengurangi polusi udara dan  mengurangi emisi gas buang. Bila semua sepeda motor di perkotaan menggunakan fitur ISS,  maka  dengan segera polusi udara akan berkurang, terutama di area-area yang rawan kemacetan. 

Dampak positif juga akan lebih terasa bagi sesama pengguna sepeda motor. Pengguna motor perlu tahu,  fitur ini hanya akan aktif bila kondisinya memungkinkan, sehingga tepat sasaran. Dan tidak perlu khawatir mesin motor menjadi mati tiba-tiba, karena sistem sudah mengatur untuk menonaktifkan fitur ISS bila kondisi mesin tidak prima. 

Fitur ISS didesain secara matang agar tetap memberikan manfaat. Pada dasarnya, bila mesin prima dan bila fitur ISS diaktifkan maka mesin bisa otomatis mati ketika motor tidak membutuhkan putaran mesin.

Nah, sudah tahukan fungsi dan manfaat  ISS, kan? Tertarik mencari motor keluaran baru dengan  teknologi modern?

 

Sumber : wahanahonda.com

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK